Bukan hanya mengkritik

diposting pada tanggal 7 Des 2017 11.49 oleh Admin Situs   [ diperbarui7 Des 2017 11.50 ]
Mengkritik itu gampang. Juga tidak salah. Sebab dengan mengkritik kita memiliki gagasan alternatif yang sedang diajukan untuk membuat apa yang kita kritik itu menjadi lebih baik. Tentu ini mengandaikan bahwa kritik kita itu bukan "asbun" atau asal bunyi dan asal-asalan. 

Tentu dunia ini membutuhkan orang-orang yang bukan hanya pandai mengkritik, tetapi juga menawarkan alternatif solusi bagi penyelesaian masalah.

Yeremia, Nabi Allah, mendapatkan panggilan Allah untuk mengerjakan tugas nabi. Dalam melakukan pekerjaannya, Yeremia mendapatkan arahan dari Allah. Dituliskan dalam Yeremia 1:10: "Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam." 

Yeremia bukan saja mendapatkan "izin" Allah untuk mencabut, membinasakan, meruntuhkan, merobohkan kedegilan hati dan sikap orang-orang yang menjadi sasaran kenabiannya, tetapi juga, dikuatkan untuk membangun dan menanam. Ada gambaran tentang "bangunan dan tanaman" di sini. Ada langkah yang nyata.

Jadi melalui kisah panggilan Yeremia ini kita mendapat inspirasi. Bukan saja kita harus mengenali apa-apa yang harus diubahkan, tetapi kita juga semestinya mengupayakan perubahan itu. Bukan saja menggagas, tetapi menjadi teladan dalam upaya nyata perubahan yang kita perjuangkan. 

EE
Comments