Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Balas Dendam

diposting pada tanggal 18 Feb 2017 21.07 oleh Admin Situs
Matius 5: 38 - 48

Menyerang total adalah falsafah sepak bola yang diusung Zinedine Zidane saat menukangi Real Madrid. Dia mengubah citra sepakbola Madrid di era pelatih sebelumnya yang gemar bertahan dan mengandalkan serangan balik. Bagi Zidane, pertahanan terbaik adalah ketika menyerang. Jika tim serasa tertekan akibat serangan lawan maka cara tercepat untuk mengatasinya adalah dengan sesegera mungkin mengambil kontrol permainan, dan itu hanya bisa dicapai dengan cara menyerang pertahanan lawan.

Menariknya, sejak zaman Yesus pun cara-cara pertahanan diri dengan menyerang, menuntut atau membalas orang lain pun sudah lazim dilakukan. Dan mereka yang melakukan itu menemukan pembenarannya lewat kitab suci. Yesus hadir memutarbalikkan sikap orang-orang terhadap kitab suci. Bagi Yesus yang penting bukan semata-mata yang tertulis secara harafiah, melainkan memahami jiwa dari apa yang tertulis itu. Yesus membongkar ulang esensi hukum taurat, sehingga orang akan memahami bahwa moralitas kerajaan Allah yang diajarkan Yesus itulah yang mampu memberikan jawaban tuntas terhadap persoalan yang dihadapi manusia. 

Sebagai pengikut Kristus, apa sikap saudara saat berhadapan dengan peristiwa: 
  1. Seseorang menyerang dan menghina saudara 
  2. Seseorang menuntut saudara atas hak miliknya 
  3. Seseorang memaksa saudara melakukan sesuatu 
  4. Seseorang meminta sesuatu terhadap saudara 
  5. Setiap orang akan menjadi segambar dengan Allah, apabila ia di dalam hidupnya memberlakukan kebajikan dan kasih yang serupa dengan kasih-Nya. 
Minggu 19 Februari 2017
Pdt. NS
Comments