Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Berkarya Kebaikan Bagi Masa Depan

diposting pada tanggal 3 Jan 2017 11.12 oleh Admin Situs
Pengkhotbah 3:1-13, Mazmur 8, Wahyu 21:1-6, Matius 25:31-46

Jika Allah memberikan kekuatan, kesehatan, kemampuan dan banyak lagi hal yang baik lainnya untuk kita, maka itu semua harus dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan disia-siakan, apalagi diabaikan, semuanya harus terkelola semaksimal mungkin.

Tetapi seiring dengan itu, ada yang perlu diingat dengan seksama juga bahwa, segala yang baik dan sempurna yang telah kita dapatkan dan kelola itu, jangan hanya digunakan untuk diri sendiri saja. Kebaikan Allah yang kita alami itu harus berlanjut kepada sesama ciptaan Allah yang lain. Demikian nasihat Tuhan melalui pembacaan Kitab Suci Minggu ini.

Berbahagialah kita yang mau ikut serta berkarya bersama Allah memberikan kebaikan di tahun ini, sebab pada akhirnya segala yang baik dan indah tidak jauh dari hidup kita. Selamat Tahun Baru!
  1. Penulis kitab Pengkhotbah mengatakan bahwa untuk segala sesuatu ada masa dan waktunya. Kegiatan apa saja yang disebutkannya? (Pkh. 3:1-8) Apa yang sudah dilihat penulis kitab Pengkhotbah dalam hidupnya, siapa yang memberikan? Apa yang Allah buat indah? (Pkh. 3:9-13) 
  2. Apa saja yang sudah Anda lakukan di tahun lalu? Bagaimanakah Allah membuat indah kehidupan Anda? 
  3. Siapakah yang dipuji oleh Pemazmur dalam Mazmur 8:1-3? Apa saja karya Allah yang dimaknakan oleh Pemazmur? (Mzm. 8:4-5) Bagaimana Pemazmur menggambarkan dan memaknakan kehadiran manusia? (Mzm. 8:5-9) 
  4. Kapan terakhir kali Anda mengagumi karya Allah di dalam hidup Anda? Jika ada yang meminta Anda untuk menggambarkan diri Anda, bagaimanakah Anda menggambarkan dan memaknakan kehadiran Anda bagi dunia ini? 
  5. Apa yang dilihat dan didengar oleh Yohanes? (Why. 21:1-4) Perintah apa yang diberikan kepada Yohanes? (Why. 21:5-6) 
  6. Apa yang menjadi cita-cita, rencana dan harapan Anda di tahun ini? Apakah cita-cita, rencana dan harapan itu ada kaitannya dengan orang lain dan sesama ciptaan Allah lainnya? 
  7. Dengan menggunakan perumpamaan apa Tuhan Yesus menggambarkan saat Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya? (Mat. 25:31-33) Apa yang dikatakan “Sang Raja” kepada orang-orang yang disebut “domba-domba” pada sisi sebelah kanan? (Mat. 25:34-36) Apa tanggapan mereka saat mendengar perkataan “Sang Raja”? (Mat. 25:37-39) Bagaimana penjelasan “Sang Raja”? (Mat. 25:40) Lalu apa yang dikatakan “Sang Raja” kepada yang di sebelah kiri-Nya? (Mat. 25:41-43) Apa jawaban “kambing-kambing” pada sisi sebelah kiri? (Mat. 25:44) Apa tanggapan “Sang Raja” terhadap pandangan mereka? (Mat. 25:45-46) 
  8. Apa yang menghambat seseorang untuk melakukan kebaikan bagi sesama ciptaan Allah menurut Anda? Siapakah di dalam hidup Anda yang dapat dikategorikan sebagai Saudara dari Tuhan Yesus yang paling hina? Apa yang akan Anda lakukan untuknya atau untuk mereka? 
Minggu 1 Januari 2017
Pdt. EE
Comments