Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Bersama Allah Dalam Pencobaan

diposting pada tanggal 2 Mar 2017 03.20 oleh Admin Situs
Kejadian 2:15-17, 3:1-7; Mazmur 32; Roma 5:12-19; Matius 4:1-11

Tetap ada dalam kasih karunia Allah dan menolak segala godaan untuk meninggalkan-Nya adalah panggilan iman yang akan kita lakukan pada Minggu Prapaskah 1 ini. Dalam menghadapi pencobaan itu kita mendapat kekuatan dari hikmat Firman Allah. Sebagaimana Tuhan Yesus cakap dan tangguh untuk memegang Firman Allah dan tetap tinggal dalam kasih Bapa, kita pun akan dikuatkan oleh Roh-Nya untuk menang dalam pencobaan dan ujian iman di dalam hidup ini.
  1. Apa saja yang diberikan Allah kepada kepada manusia? (Kej. 2:15-17) Apa yang dikatakan Ular kepada perempuan? (Kej. 3:1) Bagaimana tanggapan perempuan? (Kej. 3:2-3) Bagaimana Ular membalas jawaban itu? (Kej. 3:4-5) Apa yang kemudian terjadi? (Kej. 3:6-7) 

  2. Apa saja yang sudah diberikan Allah kepada Anda di dalam hidup ini? Menurut Anda mengapa Allah memberikan larangan-larangan di dalam hidup ini? Mengapa manusia melanggar larangan yang diberikan Allah? 

  3. Siapa yang disebut berbahagia oleh Daud? (Mzm. 32:1-2) Apa yang terjadi saat orang melanggar perintah Allah menurut Daud? (Mzm. 32:3-4) Apa yang kemudian dilakukan Daud saat ia berdosa? (Mzm. 32:5-11) 

  4. Menurut Anda apa manfaat orang mengakui dosa dan kesalahan-kesalahannya? Kapan terakhir kali Anda mengakui dosa Anda kepada Allah dan kesalahan Anda kepada sesama? Apa yang terjadi?

  5. Bagaimana dosa ada di dalam dunia ini menurut Paulus? (Rm. 5:12-14) Apa yang Yesus Kristus lakukan terkait dosa itu? (Rm. 5:15-19) 

  6. Apakah Anda setuju jika dikatakan bahwa semua orang di dunia ini berdosa? Bagaimanakah jalan keluar supaya manusia tidak mengalami akibat buruk dari dosa menurut Anda? 

  7. Apa yang Yesus alami di padang gurun? (Mat. 4:1) Apa yang Ia kerjakan di sana? (Mat. 4:2) Apa yang dilakukan si pencoba saat Yesus lapar? (Mat. 4:3) Apa jawaban Yesus? (Mat. 4:4) Apa yang terjadi di bubungan Bait Allah? Bagaimana Iblis menggunakan Firman Allah untuk mencobai Yesus? (Mat. 4:5-6) Apa tanggapan Yesus? (Mat. 4:7) Apa ajakan Iblis kepada Yesus di atas gunung yang sangat tinggi? (Mat. 4:8-9) Bagaimana Yesus menangkalnya? (Mat. 4:10) 

  8. Hawa nafsu, kekuasaan dan kekayaan. Tiga hal ini kita jumpai dalam pencobaan yang dialami Yesus. Belajar dari apa yang Yesus lakukan dalam menangkal cobaan Iblis, bagaimana cara Anda menangkal cobaan terkait hawa nafsu, kekuasaan dan kekayaan yang akan membuat Anda menjauhi kasih karunia Allah? 
Minggu 5 Maret 2017
Pdt. EE
Comments