Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Bertobat, Percaya dan Mengikut Kristus

diposkan pada tanggal 22 Jan 2015 01.56 oleh Admin Situs
Yunus 3:1-5, 10, Mazmur 62:6-13, 1 Korintus 7:29-31, Markus 1:14-20

Pengantar
Pertobatan adalah sebuah tindakan kapok yang kreatif. Artinya, pertobatan bukan saja menyesal karena telah melakukan dosa-dosa dan kejahatan, tetapi juga memilih untuk meninggalkan dosa-dosa dan kejahatan itu dengan memilih hidup yang baru. Orang Kristen percaya bahwa hidup karena anugerah pengampunan dosa dari Allah yang sudah diterima oleh karena kehadiran Yesus Kristus adalah hidup yang berharga dan tidak boleh dijalankan dengan asal-asalan. Hidup dalam anugerah adalah hidup yang harus diisi dengan karya-karya kasih sebagaimana sudah diajarkan dan diteladankan oleh Tuhan Yesus Kristus.

Pembuka
  1. Jika Anda diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah Anda lakukan dengan dilahirkan menjadi seorang bayi kembali di tengah keluarga yang sama dan menemui keadaan-keadaan sama yang telah lewat, apa yang akan Anda lakukan? 
  2. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda mengetahui bahwa 40 hari ke depan adalah hari-hari terakhir kehidupan Anda di dunia ini? 
Pengamatan dan Pendalaman 

Yunus 3:1-5, 10
  1. Berapa kali Yunus menerima Firman Allah? Apa yang terjadi dengan Yunus sebelumnya? 
  2. Apa yang Yunus sampaikan kepada penduduk Niniwe? Apa yang penduduk Niniwe lakukan setelah mendengar pesan Yunus itu? Untuk apa mereka melakukan hal-hal itu? 
  3. Apa yang menjadi tanggapan Allah di ayat 10? Menurut Anda mengapa Allah menanggapi demikian? 
1 Korintus 7:29-31
  1. Perhatikan ayat 29-31. Apakah yang dimaksudkan Paulus ini harafiah atau bukan? Apa makna “seolah-olah” di sini menurut Anda? 
  2. Bagaimana Paulus memandang “waktu” dalam hidup orang percaya? Apakah ada kaitan “waktu” ini dengan pertobatan dalam diri orang percaya? 
Markus 1:14-20
  1. Apa yang diberitakan Yesus di Galilea? Kapan Yesus memberitakan hal itu? Mengapa Yesus memberitakan hal itu? 
  2. Apa arti “bertobat dan percaya kepada Injil” menurut Anda? 
  3. Apa yang sedang dilakukan Simon, Andreas, Yohanes dan Yakobus? Apa mereka mengenal satu sama lain? Ajakan seperti apa yang mereka dengar dari Yesus? Apa yang mereka lakukan setelah mendengar ajakan itu? Mengapa mereka melakukan hal itu menurut Anda? 
Penerapan
  1. Jika Anda diminta menuturkan kisah pertobatan Anda secara lisan/tulisan, bagaimanakah Anda akan mengisahkannya? 
  2. Apa yang akan Anda lakukan pada hari-hari ke depan sebagai tanda bahwa Anda sungguh-sungguh percaya dan sedang mengikuti Yesus Kristus? 
Komitmen
Mau meninggalkan kejahatan dan dosa. Mau mendengar nasihat Tuhan Yesus Kristus dan percaya bahwa Allah akan memberikan kekuatan dalam melakukan karya-karya kasih yang nyata sehari-hari.

Minggu 25 Januari 2015
Pdt. Essy Eisen
Comments