Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Bijaksana dengan tanda-tanda zaman

diposting pada tanggal 3 Des 2015 12.44 oleh Admin Situs
Yeremia 33:14-16, Mazmur 25:1-10, 1 Tesalonika 3:9-13, Lukas 21:25-36

Pesan Utama
Sebagai pengikut Kristus kita mengimani bahwa Kristus sudah hadir di dalam dunia ini dan memerintah sebagai Raja. Bukan hanya itu, Kristus juga mengajak kita untuk serta melakukan kasih, kebenaran dan keadilan di dalam kehidupan kita sehari-hari yang hidup dalam Kerajaan-Nya. Oleh sebab itu kita perlu bijaksana mencermati situasi keadaan zaman kita. Kita perlu bijaksana mengenali apa-apa saja yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk melakukan apa yang sudah Kristus ajarkan di tengah situasi zaman sekarang ini. Ini kita lakukan dengan ketulusan dan pengharapan bahwa pada saat-Nya, Kristus akan menyempurnakan Kerajaan-Nya di tengah dunia ini, sehingga segala kehendak-Nya yang baik di surga, terjadi juga di dunia ini.

Pengamatan
  1. Kepada siapa Allah memberikan janji-Nya? Apa isi janji-Nya? Apa akibat dari pemenuhan janji Allah itu? (Yeremia 33:14-16) 
  2. Apa yang menjadi permohonan Daud bagi dirinya dan orang lain? Apa yang Daud ungkapkan tentang pekerjaan Tuhan di dalam doanya ini? (Mazmur 25:1-10) 
  3. Apa yang menjadi permohonan Paulus untuk jemaat Tesalonika (1 Tesalonika 3:12-13)? 
  4. Perumpamaan apa yang Tuhan Yesus pakai untuk menjelaskan tentang kewaspadaan? (Lukas 21:25-36)? 
Pendalaman
  1. Janji dalam Yeremia 33:14-16 adalah janji yang diberikan Allah bagi umat-umat yang mengalami pembuangan di Babel. Setelah sekian waktu “Allah mendidik” umat-Nya, ada janji pemulihan yang diberikan oleh Allah melalui kehadiran orang yang dipilih-Nya untuk memimpin umat-Nya. Setujukah Anda jika dikatakan “Allah mendidik”? Apa perbedaan “mendidik” dan “menghukum” menurut Anda? 
  2. Mazmur 25:1-10 mengungkapkan keinginan untuk selalu berjalan di jalan Tuhan. Apa yang terjadi di dalam kehidupan Pemazmur sebelumnya jika Anda menyimak doanya ini? Apa yang ia harapkan dari Tuhan? 
  3. Coba simak keadaan jemaat Tesalonika dalam 2 Tes. 3:8, 1 Tes. 2:13-14, 1 Tes. 3:12; 4:9, 5:13, 1 Tes 4:3-8. Dengan keadaan yang seperti itu, apa makna dari harapan Paulus dalam 1 Tesalonika 3:9-13? Bagaimanakah mereka harus hidup sebagai pengikut Kristus? 
  4. Perhatikan Lukas 21:28. Di sana dikatakan “Saat penyelamatan sudah dekat”. Kepada siapa penyelamatan itu diberikan menurut Anda? Perhatikan juga Lukas 21:36, “berjaga-jaga dan berdoa” apa makna “berjaga-jaga dan berdoa” menurut Anda? 
Penerapan & Perenungan
  1. Tuhan Yesus berjanji akan datang kembali. Apakah Anda percaya akan janji-Nya ini? Apa alasannya?
  2. Jika Anda memperhatikan keadaan zaman sekarang di Indonesia khususnya DKI Jakarta, hal-hal apa yang membuat iman Anda ditantang untuk bertumbuh dan nampak melalui perbuatan nyata? 
  3. Apa saja ciri-ciri orang yang bijaksana mengenali tanda-tanda zaman? Apa dampak dari kebijaksanaan itu bagi diri sendiri dan orang lain yang ada di sekitarnya? 

Minggu 29 November 2015
Pdt. Essy Eisen
Comments