Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Diutus dan Diperlengkapi

diposkan pada tanggal 30 Nov 2015 13.22 oleh Admin Situs
Efesus 4: 1-16

Jemaat GKI Halimun bercita-cita menjadi jemaat Tuhan yang HADIR, hangat, dinamis, dan berpengaruh. Bagaimanakah cara kita mencapai tujuan besar tersebut? Dalam tradisi GKI, kita membuat program-program jemaat tahunan yang mengarah pada tercapainya tujuan tersebut. Hal ini tentunya tidak salah dan perlu kita dukung bersama. Surat Efesus mencatat nasihat rasuli dari abad pertama tentang bagaimana kehidupan jemaat yang ideal menurut pandangan penulisnya. Nasihat ini masihlah relevan untuk kita renungkan untuk mencapai cita-cita jemaat GKI Halimun.

  1. Seberapa penting unsur kesatuan jemaat bagi pembangunan tubuh Kristus (yaitu jemaat)? 
  2. Apa saja alasan yang dapat kita temukan tentang pentingnya kesatuan itu? 
  3. Siapakah sumber dari kesatuan jemaat menurut Surat Efesus? 
  4. Bagaimanakah kesatuan jemaat dapat dipertahankan di jemaat GKI Halimun yang memiliki banyak anggota dari berbagai latar belakang? 
  5. Surat Efesus berbicara tentang rasul, nabi, pemberita Injil, gembala dan pengajar sebagai karunia yang diberikan Kristus kepada jemaatNya. Siapakah di jemaat GKI Halimun yang memiliki karunia tersebut? Apakah Anda juga memiliki karunia tersebut? 
  6. Apa tujuan pemberian berbagai jabatan yang disebutkan di nomor 5 di atas? 
  7. Pada akhirnya apa saja tujuan pembangunan tubuh Kristus menurut Efesus 4: 12-15? Bagaimanakah tujuan pembangunan itu sesuai dengan cita-cita jemaat GKI Halimun? 
  8. Apa saja yang perlu kita lakukan sebagai jemaat untuk mencapai tujuan pembangunan tubuh Kristus menurut Surat Efesus? Apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan pembangunan tubuh Kristus menurut visi-misi GKI Halimun? 
Sebagai jemaat yang diutus oleh Tuhan Yesus untuk melanjutkan karya-karyaNya di dunia, Dia memperlengkapi kita dengan berbagai talenta dan kemampuan. Kita semua memiliki andil untuk mewujudkan jemaat yang sesuai dengan cita-cita Tuhan.

Doa:
Tuhan Yesus, Engkau membangun jemaatMu atas pengorbananMu di atas kayu salib dan kemenanganMu atas maut. Tolonglah jemaat GKI Halimun untuk dengan setia mengikuti panggilanMu dan perlengkapilah kami dengan para pelayan yang setia. Sadarkanlah kami akan peran kami masing-masing dalam membangun jemaatMu dan kobarkanlah semangat kami untuk melayaniMu. Demi Kristus Yesus, sang Raja Gereja kami berdoa. Amin.

Minggu, 2 Agustus 2015
Agustian Sutrisno, M.Min. Ph.D.
Comments