Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Kasih Allah melampaui yang didoakan dan dipikirkan

diposkan pada tanggal 30 Nov 2015 13.03 oleh Admin Situs
2 Samuel 11:1-15; Mazmur 14; Efesus 3:14-21; Yohanes 6:1-21

14 Juli 2015, National Aeronautics and Space Administration (NASA) melaporkan misi penjelajahan ke planet Pluto dengan memakai pesawat robotik berkecepatan 16,26 kilometer per detik. Membutuhkan sembilan tahun dan enam bulan untuk sampai ke Pluto. Misi ini membantu mengidentifikasi secara akurat jarak orbit Pluto dari bumi dan cuaca di planet yang paling terkecil dalam gugusan Bima Sakti kita itu. Data-data lain yang dikumpulkan pesawat misi (New Horizon), juga penting untuk membantu para ilmuwan mengetahui bagaimana bumi kita terbentuk.

Di zaman ini, dari ilmuwan sampai orang biasa selalu ingin menjawab pertanyaan secara rasional, kalkulatif, dan teknologis tentang segala sesuatu. Kalau pertanyaan itu terjawab, manusia terkejut dengan jawaban yang mereka temukan, jika tidak, mereka kecewa. Jika kekecewaan itu dialami orang Kristen, sebagian akan menyalahkan Tuhan, sebagian lagi akan menjadi skeptis pada agama, dan hanya sejumlah orang yang berani menerima kenyataan. Karena pada dasarnya pikiran manusia terbatas sehingga tidak mampu menyelami pikiran Allah.

Pikiran manusia bagaikan sebuah gelas, sedangkan narasi kasih Allah bagaikan lautan yang terbentang luas. Dapatkah secangkir gelas menampung seluruh air laut itu? Tentu tidak. Dengan demikian, kasih Allah akan selalu menjadi misteri karena melampaui pengetahuan manusia. Allah menyingkapkan kasih-Nya sesuai dengan cara dan waktu yang dikehendaki-Nya.

2 Samuel 11:1-15
  1. Kejahatan apa yang dilakukan Daud kepada salah satu prajuritnya yang bernama Uria? 
  2. Apakah Allah masih mengasihi Daud setelah ia meniduri istri Uria dan membunuh Uria prajuritnya itu? 
Mazmur 14

Menurut Pemazmur, apa yang membuat kasih Allah kepada manusia menjadi terhalang?

Efesus 3: 14-21
  1. Mengapa pada ayat 14 Paulus sujud berdoa kepada Tuhan? 
  2. Mengapa Paulus begitu yakin bahwa kasih Allah tidak dapat diselami oleh manusia, tetapi hanya dapat mengenalnya ketika manusia beriman kepada Tuhan? 
Yohanes 6:1-21
  1. Sebutkan dua pekerjaan kasih yang hebat yang Yesus kerjakan dalam pasal yang sudah kita baca. 
  2. Mengapa pada ayat 6 mengatakan bahwa Yesus mencobai Filipus? 
  3. Mengapa pada ayat 19 Yesus harus berjalan di atas air? 
Pembacaan Alkitab ini akan membimbing kita pada pembelajaran bahwa kasih dan anugerah Allah begitu luas, lebar, panjang dan tinggi, sehingga manusia tidak mampu menyelaminya, supaya umat terus menaruh pengaharapan-Nya kepada Tuhan.

Minggu, 26 Juli 2015
Melny Nova Katuuk
Comments