Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Kristus adalah Raja kita!

diposkan pada tanggal 2 Des 2016 19.56 oleh Admin Situs
Yeremia 23:1-6, Mazmur 46, Kolose 1:11-20, Lukas 23:33-43

Sebagai Raja kehidupan kita, Kristus menunjukkan kepemimpinan yang melayani. Dia sangat berkuasa, tetapi kekuasaan-Nya tidak digunakan untuk menindas, melainkan untuk menyatakan kebaikan. Nabi Yeremia sudah bernubuat tentang raja yang berasal dari tunas Daud, sebagai raja yang menggembalakan umat-Nya dengan sempurna (Yeremia 23:1-6). Pemazmur pun mengundang umat-Nya untuk merayakan pemeliharaan Allah dengan kerendahan hati dan syukur yang tulus (Mazmur 46).

Dalam kepemimpinan Kristus, seperti disebutkan dalam surat Kolose 1:11-20, kita diperbarui dari kerajaan kegelapan kepada kerajaan terang dari Anak-Nya yang kekasih. Oleh sebab itu saat menghadapi ragam peristiwa kehidupan, dengan penuh pengharapan kita pun berseru kepada Kristus: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."

Dalam penyerahan diri kepada Kristus yang adalah Raja itulah maka kita dimampukan untuk memimpin diri sendiri dengan bijak, serta memberikan karya-karya hidup yang baik dan berguna kepada orang-orang di sekitar kita, yang membutuhkan tuntunan dan keteladanan hidup di tengah dunia yang acap kali dipenuhi dengan roh mementingkan diri sendiri dan pengabaian.
  1. Apa yang Tuhan lakukan kepada pemimpin umat pada zaman Yeremia? (Yer. 23:1) Mengapa? (Yer. 23:2) Apa yang akan Tuhan lakukan kepada umat-Nya? (Yer. 23:3-6) 
  2. Pernahkah Anda mengalami kepemimpinan yang buruk di tempat kerja, rumah atau masyarakat? Apa yang akan Anda lakukan menanggapi hal itu? 
  3. Siapa Allah bagi Pemazmur? (Mzm. 46:2) Apa dampaknya bagi iman Pemazmur? (Mzm. 46:3-12) 
  4. Kapan terakhir kali Anda mengalami perlindungan dan pemeliharaan Tuhan yang kokoh? 
  5. Karya-karya Allah yang seperti apa yang dialami oleh gereja Kolose? (Kol. 1:11-14) Siapakah Kristus? (Kol. 1:15-20) 
  6. Menurut Anda, nilai-nilai seperti apa yang seharusnya dihidupi oleh orang yang mengakui Yesus Kristus sebagai Raja hidupnya? 
  7. Siapa yang disalib bersama-sama dengan Yesus? (Luk. 23:33) Apa yang dikatakan Yesus di atas salib? (Luk. 23:34) Apa yang dilakukan oleh orang-orang yang melihat Yesus disalib? (Luk. 23:35-39) Apa tanggapan dari salah seorang yang disalib bersama Yesus? (Luk. 23:40-41) Apa tanggapan Yesus terhadap salah seorang yang disalib bersama-Nya itu? (Luk. 23:43) 
  8. Jika seandainya Anda berada saat Yesus disalib, apa yang menjadi tanggapan Anda terhadap-Nya? Menurut Anda mengapa orang Kristiani mengagungkan salib sebagai simbol iman? “Kristus adalah Raja kita!” setujukah Anda dengan pernyataan ini? Apa dampaknya bagi hidup Anda selanjutnya? 
Minggu 20 November 2016
Pdt. EE
Comments