Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Pembaruan Hidup

diposting pada tanggal 6 Des 2017 12.23 oleh Admin Situs
Markus 1:1-8

Memasuki Minggu Adven yang kedua, kita kembali menjumpai Yohanes Pembaptis yang menyerukan kepada kita untuk bertobat dan memberikan diri dibimbing dalam hidup yang baru oleh Yesus Kristus, Juruselamat hidup kita. Tidak ada kata terlambat untuk berubah dan memperbarui hidup. Dengan anugerah Allah yang dinyatakan melalui kekuatan kuasa kasih Kristus, kita mendapatkan kedamaian untuk berani meninggalkan kebodohan dosa.

Jika kita terjatuh di jalan misalnya, lalu lutut kita terluka serta dipenuhi debu dan kotoran, pengobatan pertama ialah membersihkan luka-luka itu dari debu dan kotoran menggunakan alkohol. Pedih rasanya. Tetapi itu perlu, supaya debu dan kotoran yang dipenuhi bakteri itu tidak menginfeksi sistem tubuh kita. Demikianlah Yohanes Pembaptis mengajak kita Minggu ini untuk meninggalkan kejahatan hidup kita, supaya kejahatan itu tidak menyeret kita kepada kebinasaan. Setelah dibersihkan, luka diobati, ditutup, dirawat dengan baik. Demikian juga selanjutnya, hidup yang meninggalkan dosa itu harus diisi dengan menaati ajaran Yesus Kristus, pemberian Allah yang menyembuhkan kita dengan sempurna karena anugerah kasih-Nya.
  1. Firman Allah melalui nabi Yesaya mengatakan bahwa Kedatangan Juruselamat (Mesias/Kristus) didahului oleh utusan Allah yang akan mempersiapkan dan meluruskan jalan untuk-Nya. Siapakah utusan yang dimaksud itu
  2. Apa yang diserukan oleh Yohanes Pembaptis? Di mana lokasi ia menyerukan hal itu? Mengapa Yohanes memilih lokasi itu menurut Anda?
  3. Bagaimana reaksi orang-orang yang mengetahui seruan itu?
  4. Apa yang menjadi pakaian Yohanes pembaptis? Apa yang menjadi makanannya? Apakah gaya berpakaian dan gaya makan ini memberikan pesan tertentu kepada khalayak?
  5. Apa pesan pemberitaan Yohanes Pembaptis kepada orang-orang yang memberi diri dibaptis olehnya?
  6. Apa makna pertobatan bagi Anda? Bagaimanakah ciri-ciri orang yang bertobat itu?
Minggu 10 Desember 2017
EE
Comments