Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Renungan Warta, 23 Januari 2011

diposting pada tanggal 21 Jan 2011 02.12 oleh Essy Eisen   [ diperbarui21 Jan 2011 02.32 ]
Yesus Kristus Terang Ilahi

Yesaya 9:1-4

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar (Yes 9:2). Ini adalah janji Allah. Seorang Anak yang disebut sebagai Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai, akan menolong setiap orang yang ada di dalam keputusasaan dan kegelapan hidup (Yes 9:5). Janji Allah itu digenapi melalui kelahiran Yesus Kristus. Dialah Terang Hidup!

Janji Allah, ialah Ya dan Amin. Allah menghadirkan Terang-Nya di Dunia ini.


Mazmur 27:1, 4-9
Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. (Mzm 27:8). Keamanan yang hakiki hanya ditemukan di dalam Allah yang menciptakan manusia. Iman pemazmur memberikan teladan bagi kita untuk setia mengikuti, mencari dan melakukan kehendak Allah.

Ditemukan Tuhan dan berjalan bersama-Nya akan berujung pada kedamaian.

1 Korintus 1:10-18
Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir. (1 Kor 1:10). Pengikut Kristus melakukan perbuatan baik bukan agar ia menjadi hebat dan terpandang, tetapi karena Tuhan Yesus sudah menunjukkan sendiri segenap jalan dan kebenaran yang mendatangkan kehidupan. Kerinduan Paulus untuk jemaat Korintus, mendorong kita untuk terus mengingat nama Yesus Kristus dalam setiap tingkah laku hidup.

Seia sekata, erat bersatu dan sehati sepikir, salah satu tanda sejati pengikut Kristus.

Matius 4:12-23
Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. (Mat 4:23). Karya Tuhan Yesus Kristus melingkupi wilayah yang pada masa itu dikenal sebagai wilayah yang gelap, yang tidak terlalu dipandang orang. Belum lagi tindakan-Nya yang peduli, untuk melenyapkan segala penyakit dan kelemahan “bangsa” itu! Sapaan kasih Allah dan Terang-Nya nyata di dalam Yesus Kristus bagi segenap bangsa.

Apa yang sudah pengikut Kristus lakukan bagi bangsa Indonesia dalam meneladani Yesus yang sudah melenyapkan segala penyakit dan kelemahan?

Perenungan
  • Apa yang menjadi kelemahan Anda? Apa yang sudah Allah lakukan untuk Anda yang memiliki kelemahan itu?
  • Penyakit dan kelemahan apa yang ada pada bangsa Indonesia? Bagaimana cara Tuhan Yesus melenyapkannya?
  • Jika dikatakan bahwa pengikut Kristus adalah “terang dunia”, apa artinya?

Comments