Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Tuhan hadir di tengah hidup yang getir

diposting pada tanggal 3 Feb 2018 08.28 oleh Admin Situs
Markus 1:29-39

Di dalam kegetiran hidup karena belenggu yang menghambat karya hidup, Tuhan hadir. Yesus peduli kepada keluarga Simon, murid-Nya, juga kepada orang banyak yang menderita karena sakit penyakit dan kuasa jahat. Mengapa Yesus memerintahkan roh jahat untuk diam? Ini menunjukkan kendali dan kuasa penuh Yesus atas roh jahat. Selain itu, Yesus tidak ingin orang banyak mendengarkan kata-kata mereka lalu menjadi percaya. Yesus ingin supaya orang percaya, karena kata-kata dan apa yang Ia kerjakan.

Ada rencana jangka panjang Yesus menuju salib. Oleh sebab itu Yesus tidak ingin roh jahat merusaknya dengan mengungkap identitas Yesus sebelum waktu-Nya. Di dalam karya pembaruan-Nya, Yesus tidak lupa untuk memiliki waktu teduh untuk menjalin relasi dengan Bapa. Ini menjadi teladan bagi kita juga. Sebab di dalamnya ada kekuatan yang baru untuk menjadikan karya hidup kita tetap fokus di dalam pemeliharaan-Nya.

Dari Kristus kita belajar untuk menyadari bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya yang membutuhkan pertolongan. Allah menyapa secara pribadi, maupun juga dalam kumpulan orang-orang yang percaya. Setelah menerima pemulihan dari Allah, kita tidak boleh tinggal diam dan kembali kepada kehidupan yang dikuasai dosa. Seperti ibu mertua Petrus yang melakukan karya baik sesudah sembuh, kita pun dipanggil dan dikuatkan-Nya untuk melakukan karya baik bersama-Nya setelah disembuhkan dari kegetiran hidup.
  1. Menurut Anda, adakah faktor-faktor yang mendukung kesembuhan ibu mertua Petrus? Apa saja? 
  2. Siapa saja yang dibawa kepada Yesus untuk disembuhkan? Apa makna penyembuhan ini jika di lihat dalam terang karya Kristus yang utuh bagi dunia ini? 
  3. Apa yang dilakukan Yesus pagi-pagi benar? Mengapa menurut Anda, Yesus melakukan itu? 
  4. Menurut Anda, mengapa Yesus memutuskan untuk pergi ke tempat lain? 
  5. Pemulihan apa yang sudah Yesus lakukan bagi hidup Anda? Apa yang Anda lakukan setelah mendapatkan pemulihan itu? 
Minggu 4 Februari 2018
EE
Comments