Kegiatan‎ > ‎Renungan Warta‎ > ‎

Tuhan melepaskan ikatan penghambat hidup

diposkan pada tanggal 18 Agt 2016 12.15 oleh Admin Situs
Lukas 13:10-17

Kristus bukan saja mengajar (menghidupi ajaran yang sehat), beribadah (menekuni kesalehan yang tulus), tetapi Ia juga melepaskan ikatan penghambat hidup (melakukan tindakan kasih yang nyata berangkat dari iman dan kesalehan). Ketiganya dihidupi selaras dan saling mengisi serta berbuah dalam pembaruan hidup orang-orang yang dijumpai-Nya.

Kabar baik dalam pemberitaan firman Minggu ini adalah : “Tuhan melepaskan”. Apa yang dilepaskan oleh Tuhan? Ikatan-ikatan yang menghambat orang untuk menjalankan hidupnya sebagai seseorang yang hidup dalam keberlimpahan anugerah Allah.

Orang-orang yang menerima kabar baik itu, segera diperlengkapi-Nya dengan segala yang baik dan perlu sesuai rencana-Nya, untuk pada akhirnya tidak lagi menunda-nunda apa yang dapat dikerjakan sebagai orang yang telah dilepaskan karena cinta dan belas kasih-Nya. Itu berita panggilan-Nya.
  1. Apa yang dilakukan Yesus dan kapan terjadinya? 
  2. Siapa yang hadir saat Yesus sedang mengajar? Apa yang terjadi dengannya?
  3. Apa yang Yesus lakukan saat melihat perempuan itu? 
  4. Bagaimana tanggapan orang-orang yang melihat hal itu? 
  5. Bagaimana tanggapan Yesus terhadap tanggapan-tanggapan orang lain yang muncul saat itu? 
  6. Apa makna ibadah menurut Anda? Apa yang Anda dapat pelajari tentang ibadah dari kisah ini? 
  7. Adakah aturan-aturan yang Anda ketahui di sekitar Anda yang justru telah menghalangi orang mendapat kebaikan Allah? Apa sikap Anda terhadapnya? 
Minggu 21 Agustus 2016
Pdt. Essy Eisen
Comments