Kegiatan‎ > ‎

Komisi Anak

Sekolah Minggu Anak setiap hari Minggu
dimulai pk 7.30 WIB

26 Februari 2017

diposkan pada tanggal 14 Feb 2017 10.44 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan tentang Yusuf, yang mendapatkan nasihat Tuhan untuk menjaga dan memelihara bayi Yesus dari tindakan jahat Herodes (Matius 2:13-23). Kami mengajarkan anak-anak untuk menuruti nasihat dari orang tua, guru, sahabat yang mengingatkan mereka untuk menjauhkan diri dari perbuatan dan keinginan jahat, sebab Tuhan turut berkarya dalam nasihat itu untuk memberikan kebaikan bagi masa depan mereka. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • memberikan nasihat yang membangun supaya anak-anak menghindarkan diri dari kemalasan
  • mengawasi anak-anak supaya terhindar dari lingkungan/pergaulan/kebiasaan yang buruk

19 Februari 2017

diposkan pada tanggal 14 Feb 2017 10.39 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan Yusuf yang bertemu dengan saudara-saudaranya dan tidak berbuat jahat kepada mereka walaupun Yusuf telah disakiti dan dibuang (Kejadian 45:1-28). Sikap membalas kejahatan dengan kebaikan ini kami tekankan dalam pengajaran supaya anak-anak belajar untuk selalu rukun dengan saudara-saudara mereka. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • memberikan pelajaran dan pengertian yang benar saat anak-anak bertengkar
  • tidak reaktif dan mengeluarkan emosi negatif saat anak-anak melakukan kesalahan

12 Februari 2017

diposkan pada tanggal 31 Jan 2017 09.30 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan pertemuan yang kedua antara Yusuf dengan saudara-saudaranya (Kejadian 43:1-34). Pertemuan ini menunjukkan bahwa Allah menghendaki ikatan kasih dalam keluarga terjalin utuh supaya setiap orang dalam keluarga dapat saling mendukung dan mengasihi. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • mengingatkan anak-anak untuk menunjukkan kasih dan perhatian kepada saudara-saudara
  • menjaga pertemuan yang berkualitas dengan anak-anak setiap hari

5 Februari 2017

diposkan pada tanggal 31 Jan 2017 08.29 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan kisah Yusuf yang dilantik menjadi penguasa Mesir oleh Firaun (Kejadian 41:37-57). Melalui cerita ini kami menyampaikan pesan bahwa Allah memiliki rencana untuk menyelamatkan umat-Nya Israel dan bangsa-bangsa lain dari bencana kelaparan. Rencana Allah itu telah digenapi melalui karya Yusuf yang sabar, tekun, cermat dan baik. Terkait hal ini anak-anak diajarkan untuk percaya bahwa Allah memiliki rencana yang indah bagi mereka dan mereka didorong untuk terus bersedia dibimbing oleh Allah. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • mengingatkan anak-anak membawa dalam doa cita-cita mereka
  • mengingatkan anak-anak bekerja keras untuk menggapai cita-cita mereka

29 Januari 2017

diposkan pada tanggal 17 Jan 2017 06.53 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan Yusuf yang mengartikan mimpi Firaun (Kejadian 41:1-36). Tuhan berkarya menolong Mesir dan memberikan peringatan melalui mimpi supaya bangsa Mesir mempersiapkan langkah-langkah untuk menghadapi bencana kelaparan di negeri mereka. Melalui cerita ini anak diajar untuk mencermati nasihat dan peringatan yang diberikan oleh orangtua, guru, sahabat demi kebaikan mereka. Dalam hal ini orangtua terpanggil untuk:
  • memberikan arahan dan nasihat membangun untuk anak-anak
  • bersama-sama dengan anak melakukan tindakan kepedulian sebagai bagian dari bangsa Indonesia

22 Januari 2017

diposkan pada tanggal 17 Jan 2017 06.47 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan kisah Yusuf yang mengartikan mimpi juru minuman dan juru roti istana Mesir (Kejadian 40:1-23). Karena hikmat Tuhan, Yusuf mampu menjelaskan arti dari mimpi mereka. Anak-anak diajar untuk memiliki hikmat Tuhan, supaya cermat dalam bersikap, berkata-kata dan bertindak. Dalam hal ini orangtua terpanggil untuk:
  • melatih anak memilih sikap cermat dan bijaksana dalam pilihan-pilihan tindakan mereka
  • meneladankan sikap bijaksana kepada anak-anak

15 Januari 2017

diposkan pada tanggal 14 Jan 2017 10.28 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan kisah Yusuf yang disertai Tuhan walaupun menghadapi kesusahan karena fitnah (Kejadian 39:1-23) Yusuf yang setia pada kebaikan dan kebenaran tetap mampu melakukan karya-karya baik karena pertolongan Tuhan. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • mendorong anak-anak untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan bertanggungjawab
  • mendampingin anak-anak saat menghadapi kesulitan-kesulitan hidup

8 Januari 2017

diposkan pada tanggal 3 Jan 2017 11.33 oleh Admin Situs

Minggu ini kami menceritakan kisah Zakharia, ayah dari Yohanes Pembaptis yang mendapat pesan Allah (Lukas 1:5-25) Zakharia dan Elisabet mendapat anugerah Allah untuk menjadi orang tua dari Yohanes Pembaptis. Namun pada awalnya Zakharia ragu dengan anugerah ini. Allah mendidik Zakharia sejenak dengan menjadikannya bisu. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi anak-anak untuk tidak ragu dalam menerima pesan Firman Tuhan dalam hidup mereka. Dalam hal ini orang tua terpanggil untuk:
  • bersama dengan anak-anak bersukacita saat memberlakukan ajaran Firman Tuhan 
  • mengingatkan anak-anak untuk rajin bersaat teduh

1 Januari 2017

diposkan pada tanggal 3 Jan 2017 11.17 oleh Admin Situs

Minggu ini anak belajar dari Yesaya 40:3-11 tentang menantikan kedatangan Mesias. Anak diundang untuk terus memiliki pengharapan akan hadirnya Tuhan dan menunjukkannya dalam laku hidup. Dalam hal ini orang tua dipanggil untuk: 
  • berperilaku dan berpikiran positif dalam menyikapi keadaan.

25 Desember 2016

diposkan pada tanggal 3 Jan 2017 11.14 oleh Admin Situs

Minggu ini anak-anak belajar dari kisah malaikat yang menemui gembala untuk mengabarkan tentang kelahiran Yesus (Lukas 2:8-20). Berita Natal yang disampaikan kepada kaum gembala menunjukkan bahwa Natal adalah pemulihan hidup bagi setiap orang, termasuk mereka yang dipinggirkan karena status sosial. Dalam hal ini orangtua dipanggil untuk: 
  • mendidik anak tanpa diskriminasi; 
  • menumbuhkan sikap menghargai setiap perbedaan yang ada.

1-10 of 266